Panduan Membeli Pembuat Kopi

Panduan Membeli Mesin Kopi

Jadi Anda akhirnya memutuskan untuk berinvestasi dalam membeli mesin espresso untuk mendekorasi dapur Anda. Sekarang, langkah selanjutnya adalah membekali diri Anda dengan pengetahuan yang tepat tentang fitur dan karakteristik apa yang harus Anda cari saat membeli mesin espresso pertama atau kedua Anda.

Panduan Membeli Pembuat Kopi

Untuk membantu Anda membuat pilihan ini lebih mudah, berikut adalah beberapa fitur penting dari mesin espresso ideal yang harus Anda cari setelah Anda keluar berburu.

Untuk memulainya, pertama-tama Anda perlu tahu terdiri dari apa mesin espresso biasa. Mesin espresso khas terdiri dari;

  • Tandon air
  • Pompa
  • Ketel
  • Portafilter
  • Mengukus
  • Termostat
  • Penggiling

Mari kita telusuri setiap komponen untuk memahami apa yang dilakukannya dan apa yang harus Anda cari saat membeli.

1. Reservoir Air

Ini adalah wadah tempat penyimpanan air untuk digunakan. Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan ukurannya karena tidak banyak air yang disimpan di sini. Selalu lebih baik untuk terus mengganti air waduk jika mesin tidak digunakan dalam waktu lama.

2. Pompa

Pompa memainkan peran penting dalam pembuatan kopi, karena ia memaksa air masuk ke dalam ketel terlebih dahulu dan kemudian melalui bubuk kopi di bawah tekanan. Ada mitos bahwa semakin banyak kekuatan yang akan diberikan, semakin baik ekstraksi. 

Namun, mitos ini tidak benar-benar ada dan tekanan batang 8 hingga 10 sudah cukup untuk membuat ekstraksi berkualitas. Oleh karena itu, saat mencari mesin espresso Anda, pertimbangkan hanya dua faktor tentang pompanya; satu yang menghasilkan tekanan 8-10 bar dan yang kedua terbuat dari bahan berkualitas.

3. Boiler

Ini adalah bagian yang sebenarnya bertanggung jawab untuk proses pembuatan bir. Air direbus dalam boiler dan oleh karena itu ukuran, berat dan desain boiler yang paling penting daripada materialnya. 

Semua boiler dapat mengalami penumpukan kerak kapur dan mineral seiring waktu, jadi Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan materialnya. 

Sebagian besar pembuat mesin espresso menggunakan ketel untuk keperluan pembuatan bir dan pengukusan. Namun, untuk mesin semi-autos dan super otomatis beranggaran tinggi, steamer dan brewer memiliki boiler terpisah. 

Satu-satunya perbedaan yang Anda dapatkan dengan boiler gabungan dan terpisah adalah interval 45-75 detik untuk boiler gabungan dan tidak ada waktu tunggu untuk boiler yang terpisah, setelah Anda menekan tombol uap.

4. Portafilter

Bagian terpenting dari mesin espresso adalah Portafilter, yang sebenarnya menampung biji kopi untuk proses pembuatan bir. Idealnya, ini harus terbuat dari kuningan tempa dibandingkan dengan Aluminium, karena grouphandle yang berat menahan lebih banyak panas dan terasa kokoh terhadap daya tahan dan kualitas mesin. Keranjang filter di Portafilter harus cukup besar untuk menampung 7 hingga 14 gram kopi.

5. Mengukus

Tongkat uap sangat diperlukan untuk proses pembusaan dan produsen menggunakan berbagai cara untuk mengoperasikan tongkat uap. Beberapa menggunakan kenop sementara yang lain menggunakan tuas atau tombol, analog atau digital, untuk mengaktifkan tongkat pengukus. 

Itu selalu lebih baik untuk memilih kenop atau tuas daripada tombol digital karena kenop mudah diperbaiki dan tahan lama.

6. Termostat

Termostat adalah indikator tekanan panas di ketel Anda, yang digunakan untuk menunjukkan panas pembuatan bir dan tekanan uap. 

Sebagian besar produsen memasang termostat yang berbeda untuk mengukur suhu ketel dan uap. Anda harus melihat bahwa barista Anda memiliki sekring termal terpasang, yang merupakan alat yang berguna untuk perlindungan panas berlebih.

7. Penggiling

Grinder adalah bagian terpenting dari mesin espresso, karena penggiling yang tepat sangat penting untuk espresso yang segar dan beraroma. 

Saat mencari Grinder, Anda harus siap untuk berinvestasi lebih banyak, mengingat bahwa blade grinder dengan anggaran rendah akan merusak rasa espresso Anda. Anda dapat membuat espresso yang menggiurkan hanya dengan menggunakan penggiling pisau yang tajam dan halus. 

Penggiling bawaan harus lebih diutamakan daripada penggiling terpisah, karena penggiling tersebut menggiling dengan sangat cepat dan menghasilkan espresso yang sangat panas.

Saya berharap panduan ini bermanfaat bagi Anda untuk membuat pilihan Anda lebih mudah. Dipercaya bahwa menemukan mesin kopi yang sempurna itu sangat sulit, namun jika Anda memiliki pengetahuan dan bimbingan yang tepat maka itu hanya masalah anggaran yang harus Anda jaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel