5 Langkah Rahasia dan Teknik Mudah untuk Memasak Quinoa

Jika Anda memecah prosedur menjadi standar, langkah-langkah memasak quinoa adalah memanggang, merebus, menyerap, dan mengukus. Ini termasuk metode paling umum untuk memasak biji-bijian dan quinoa tidak berbeda. Faktanya, banyak contoh yang saya temukan tidak ada perbedaan dalam teknik memasak quinoa atau nasi merah. Variansnya adalah nutrisi quinoa yang lebih tinggi dari sereal apa pun.

Apa yang kau butuhkan:

1 cangkir quinoa yang sudah dibilas (Variasi apapun putih, merah atau hitam)

Quinoa yang sudah dibilas sudah tersedia. Sebagian besar merek menawarkan itu. Namun, jangan khawatir jika quinoa di dapur Anda belum dibilas sebelumnya. Carilah tips mudah saya untuk membilas quinoa di akhir artikel.

2 gelas air- Saya biasanya mengganti air dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran tergantung pada apa yang akhirnya akan saya lakukan dengan quinoa. Kaldu memberikan rasa tersendiri pada quinoa.

1/2 sendok teh garam (sesuai selera). Inilah yang saya masukkan saat saya menggunakan air biasa. Jumlah persisnya akan sedikit berubah saat Anda mengganti air dengan kaldu.

Panci saus berat berukuran sedang

Sudip

Perendaman

Beberapa biji-bijian mendapat manfaat dari perendaman sebelum benar-benar dimasak. Seringkali perendaman selama setengah jam mengurangi waktu memasak biji-bijian yang sebenarnya, serta meningkatkan rasa dan teksturnya. Namun, menurut pengalaman saya, Quinoa tidak mendapatkan banyak manfaat dari perendaman. Saya tetap melakukannya meskipun itu lebih merupakan kebiasaan daripada persyaratan. Jangan ragu untuk melewati langkah ini jika Anda merasa malas atau terlambat.

Pembakaran

Saya sekarang sebenarnya sudah mulai mengganti Perendaman dengan Panggang. Ambil saja wajan berat berukuran sedang dan masukkan quinoa. Tidak perlu gemuk. Cukup aduk bijinya dan panggang sebentar di atas api kecil hingga sedang. Ini memberi quinoa rasa pedas dan lebih dalam.

Hati-hati saat memanggang - panas yang lebih tinggi atau rentang waktu yang lebih lama dapat membakar biji-bijian dan merusak rasa.

Mendidih

Setelah biji-bijian benar-benar dipanggang, saya menambahkan sedikit air (atau kaldu) ke dalam panci. Sekarang panasnya bisa sedikit ditingkatkan. Didihkan. Aduk sesekali agar butiran tidak menempel di dasar wajan yang panas.

Mendidih

Setelah campuran mendidih sekali, kecilkan api hingga kecil. Tutupi wajan dengan piring dan biarkan mendidih selama sekitar 15 menit. Periksa beberapa kali untuk melihat apakah seluruh cairan sudah berkurang. Variasi dalam jumlah air dan intensitas panas dapat mengubah waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya, tetapi 15 menit adalah perkiraan yang baik. Setelah seluruh cairan berkurang atau diserap oleh quinoa, butirannya sekarang akan empuk dan tembus cahaya.

Mengukus

Meskipun quinoa sekarang dimasak secara teknis, itu masih belum cukup untuk kebutuhan kita. Pada tahap ini, saya menutupi wajan dengan handuk bersih dan mengganti tutupnya. Sekarang kami membiarkan quinoa duduk tanpa gangguan selama sepuluh menit.

Setelah pengukusan selesai, Anda bisa mengembang quinoa dengan garpu. Jika quinoa Anda telah dimasak dengan benar, maka quinoa harus kering dan halus dengan butiran-butirannya sekarang sebagian besar harus terpisah satu sama lain.

Air berlebih (kaldu) dapat menyebabkan biji-bijian tetap bersatu sementara sedikit air dapat menyebabkan beberapa biji-bijian gosong.

Menyimpan

Saya biasanya memasak quinoa dasar dua kali seminggu dan menyimpan biji-bijian dalam wadah kedap udara di lemari es. Persis yang sama dapat dihilangkan, dihangatkan dalam microwave dan disajikan dengan hidangan pilihan pribadi Anda atau menambahkan salad segar.

Salah satu informasi yang paling disukai tentang Quinoa adalah kandungan proteinnya yang tinggi dan teksturnya yang lembut. Tekstur inilah yang membuatnya terkenal sebagai pengganti pasta dan nasi. Saya biasanya menyimpan sepanci besar quinoa pada akhir pekan dan memakannya sepanjang minggu dengan kari, sayuran panggang, atau daging yang direbus. Itu salah satu makanan pokok paling sehat dan cepat saji yang kita semua tahu.

Membilas

Membilasnya cukup mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel