Cara Membersihkan Dan Mengiris Ikan

Ikan adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa dimakan manusia. Faktanya, manusia telah memakan ikan sepanjang sejarah manusia. Akhir-akhir ini, banyak juru masak yang ingin menambahkan ikan ke dalam perbendaharaan mereka, tetapi seluruh proses pembersihan dan penyaringan ikan segar agak menakutkan bagi mereka. Proses membersihkan dan mengiris ikan segar relatif sederhana setelah memahami langkah-langkahnya.

Untuk memulai, Anda harus membersihkan ikan segar dengan benar untuk menjaga kualitasnya selama tahap pemrosesan selanjutnya. Pertama, gunakan pisau atau alat sisik ikan untuk menghilangkan semua sisik. Menghapus sisik sejak dini adalah kunci pembersihan ikan yang mudah. Selanjutnya, buang kepala ikan dengan memotong tepat di belakang rangkaian sirip pertama. Sekarang, masukkan pisau tajam Anda ke area di mana Anda baru saja melepas kepalanya dan buat irisan di bagian perut ikan. Anda harus membelah perut ikan sampai ke lubang di sebelah ekor. Ini akan membuka rongga ikan dan Anda dapat menarik atau memotong jeroan atau organ apa pun dari dalam ikan. Langkah selanjutnya adalah memotong sirip tambahan yang mungkin dimiliki ikan. Lakukan ini dengan memotong ikan dengan gerakan melingkar di sekitar sirip dan keluarkan. Terakhir, bilas tubuh dan rongga ikan dengan air dingin mengalir. Sekarang ikan telah dibersihkan dengan benar, Anda dapat melanjutkan ke filleting.

Mulailah proses mengiris ikan dengan meletakkan ikan di satu sisi dan memasukkan pisau ke dalam tubuh ikan hampir sampai ke tulang punggung. Arahkan pisau Anda di sepanjang tulang punggung, memperlihatkan fillet saat Anda memotong. Anda harus mengangkat dan memisahkan daging dari tulang saat Anda memotong. Selanjutnya, ulangi proses ini untuk sisi lainnya. Setelah Anda membuat kedua fillet ikan, letakkan dengan sisi kulit menghadap ke bawah dan potong daging di sebelah ekor. Jangan memotong kulit di sebelah ekor, karena Anda akan memegang kulit ini saat memisahkan kulit dari dagingnya. Masukkan pisau fillet Anda di antara daging dan kulit dan gunakan gerakan maju mundur untuk memisahkan keduanya. Bilas fillet dengan air dingin dan pastikan untuk mengeringkannya sebelum disimpan atau digunakan.

Langkah-langkah sederhana dan mudah berikut ini adalah semua yang diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari ikan segar. Dengan mengingat langkah-langkah ini, Anda dapat menyiapkan ikan segar untuk makanan apa pun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel