Cara Menjaga Vitamin dan Nutrisi dalam Sayuran Anda

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya. Sejak dipetik, sayuran mulai kehilangan vitaminnya. Metode penyimpanan, pemasakan dan penyiapan makanan juga dapat mengurangi jumlah vitamin dalam sayuran. Karena ini adalah komponen utama dari diet sehat, penting bagi kita untuk menjaga sebanyak mungkin vitamin dan nutrisi yang dapat kita temukan dalam sayuran untuk mendapatkan manfaat yang besar darinya.

Berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menyiapkan makanan kaya sayuran:

Tetap Segar dan Mentah

Sayuran yang baru dipetik atau dipanen memiliki lebih banyak nutrisi daripada yang telah dipanen tetapi dibiarkan tidak tersentuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Itulah mengapa tidak selalu disarankan untuk membeli sayuran di toko grosir dan supermarket yang menjual sayuran dan buah-buahan yang sudah dipanen dan disimpan di sana cukup lama. Dapatkan milik Anda di pasar petani jika Anda suka yang segar dan diproduksi secara lokal.

Untuk mengawetkan nutrisi dan mencegah sayuran mudah busuk, simpanlah di lemari es. Jangan biarkan selama berhari-hari di lemari es Anda dan pastikan untuk memasaknya sebelum kehilangan nutrisinya. Tips praktis bagi pembeli adalah hanya membeli apa yang mereka butuhkan daripada membeli dalam jumlah besar untuk memasak selama seminggu.

Sayuran juga enak jika dimakan segar dan mentah. Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi jika menyiapkan salad taman yang segar. Bagi mereka yang bukan penggemar sayuran mentah, pertimbangkan untuk mengukus atau memanggang, yang tidak akan menghilangkan terlalu banyak nutrisi dalam sayuran.

Jaga Suhu, Waktu Memasak, dan Ketinggian Air Minimal

Memasak atau membiarkan sayuran terendam air dapat mengurasnya dari nutrisi. Sedikit membilas dan mengukus tidak apa-apa, tetapi merebus dapat mengikis nutrisi terutama jika dibiarkan lebih lama dalam suhu tinggi. Kecuali jika Anda akan menggunakan air untuk sup dan kaldu, vitamin dan nutrisi akan diencerkan dan terbuang, sehingga sayuran kekurangan nutrisi yang seharusnya dikandungnya. Menumis juga dapat mengurangi nutrisi secara signifikan, tetapi Anda memiliki pilihan untuk menggunakan canola atau minyak zaitun sebagai alternatif yang lebih sehat.

Makan sehat bukan hanya tentang makan makanan yang lebih sehat tetapi juga meningkatkan cara kita menyiapkan makanan. Kita mungkin makan banyak sayuran tapi tetap menumis atau merebusnya sehingga kita akhirnya tidak mendapatkan nutrisi kaya yang ditawarkannya. Mari maksimalkan manfaatnya melalui tips mudah berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel