Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Ayam Goreng

Ada banyak hal yang disukai tentang ayam goreng. Siapa yang tidak ingin menyantap kerak yang renyah dan renyah pecah yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan yang panas dan lembut? Ayamnya akan sangat berair dan lembab, membuat setiap gigitan terasa nikmat. Tidak ada kekeringan dan hambar. Menggugah selera! Namun ayam goreng tidak selalu menjadi spesimen yang bagus karena banyak hal yang bisa salah selama proses pemasakannya, yang bisa mengakibatkan matangnya tidak merata, tidak berasa, dan tekstur signature crispynya kurang. Jika Anda selalu mendapatkan ayam goreng yang keras dan kenyal, pastikan untuk tidak melakukan kesalahan berikut saat Anda mencoba di rumah.

Menggoreng Ayam Saat Masih Dingin

Hal ini sering terlewatkan oleh banyak dari kita saat memasak ayam goreng di rumah. Tentu saja, sangat penting untuk membekukan unggas dan daging jika Anda tidak memasak pada hari yang sama. Tapi, disarankan untuk mendiamkan ayam pada suhu ruangan minimal 30 menit sebelum mulai dimasak. Ini adalah langkah penting untuk mendapatkan ayam yang matang merata dan memiliki tekstur yang superior. Jika Anda melewatkan langkah ini, dan mulai mengasinkan dan menggoreng ayam, suhu ayam yang dingin akan menurunkan suhu minyak goreng, memengaruhi waktu memasak dan mengakibatkan proses memasak tidak merata.

Tidak Merendam

Lihat, berendam dengan buttermilk bisa membuat perbedaan pada ayam yang loyo, bertekstur, lembab, dan berair. Anda tidak akan punya banyak waktu untuk berendam. Tapi, jika Anda ingin membuat burung super lembab dan berair, maka disarankan untuk mencelupkannya ke dalam buttermilk berbumbu selama 4 jam. Jika Anda bisa meluangkan beberapa jam, tidak ada salahnya dan pantas untuk ditunggu. Cukup tuangkan buttermilk ke dalam mangkuk besar, rendam ayam, dan diamkan selama beberapa jam atau selama semalam. Ini mungkin tampak seperti langkah ekstra yang tidak perlu, tetapi imbalan rasa yang diperoleh dengan proses sederhana ini membuatnya sepadan dengan waktu yang ditambahkan.

Hanya Menggunakan Stik Drum

Ya, stik drum adalah potongan goreng paling terkenal dalam hal ayam goreng atau ayam arang. Tapi, mengapa tidak menggoreng seluruh burung? Ini akan terasa enak. Selain stik drum, Anda bisa menggoreng semua bagian burung, termasuk sayap, paha, bahkan dada.

Melewati Breading

Mengapa Anda bahkan ingin mencoba ayam goreng jika Anda melewatkan breading? Breading adalah langkah penting dalam memasak ayam goreng untuk mendapatkan tekstur renyah di lapisan luarnya. Anda pasti punya alasan untuk menghindari breading, terutama jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat dan makan lebih sehat. Tapi, breading menjadi kunci sukses ayam goreng. Tidak hanya membantu membentuk kerak renyah di lapisan luar dan membuatnya sangat diinginkan, tetapi juga membantu menahan kelembapan sehingga ayam akan berair. Oleh karena itu, jangan lewatkan breading.

Tidak Menyetel Suhu yang Tepat

Menggoreng terlalu panas atau terlalu lambat bisa membuat ayam menjadi terlalu padat, berminyak, dan kelam. Kulit tidak akan renyah, dan Anda tidak bisa mendapatkan teksturnya. Pastikan suhu oli stabil dan disetel ke 350 derajat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel